PENERAPAN DATA MINING TERHADAP PENJUALAN PIPA PADA CV. GASKINDO SENTOSA MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA APRIORI

Authors

  • Golda TM Napitupulu STMIK Nusa Mandiri
  • Anggi Oktaviani STMIK Nusa Mandiri
  • Dahlia Sarkawi Universitas Bina Sarana Informatika
  • Ita Yulianti Universitas Bina Sarana Informatika
(*) Corresponding Author

Keywords:

Algoritma Apriori, Data Mining, Penjualan Produk, produk pipa

Abstract

Gaskindo Sentosa merupakan salah satu perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang penjualan pipa. Guna meningkatkan kualitas pelayanan terhadap konsumen, perusahaan tersebut dituntut untuk dapat mengatasi permasalahan yang seringkali muncul diantaranya, kurangnya atau tidak ada (habis) stok persediaan dari jenis pipa yang paling diminati. Hal tersebut dapat disebabkan karena pola perilaku belanja konsumen yang selalu berubah-ubah dan tidak dapat diprediksi. Oleh karena itu, dalam upaya mengatasi permasalahan yang terjadi, penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk memprediksi penjualan pipa pada CV. Gaskindo Sentosa dengan menerapkan algoritma apriori sehingga dapat diketahui pola perilaku konsumen dan diharapkan dapat meningkatkan penjualan pada perusahaan tersebut. Adapun untuk data yang digunakan yaitu dengan memanfaatkan data history dari semua transaksi yang pernah terjadi di CV. Gaskindo Sentosa. Dari hasil penelitian ini, diperoleh bahwa algoritma apriori dapat membantu mengembangkan strategi pemasaran untuk memasarkan produk lain dengan menganalisa kelebihan dari nilai jual produk yang paling laris terjual.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Golda TM Napitupulu, STMIK Nusa Mandiri

Program Studi Sistem Informasi

Anggi Oktaviani, STMIK Nusa Mandiri

Program Studi Teknik Informatika

Dahlia Sarkawi, Universitas Bina Sarana Informatika

Program Studi Administrasi Perkantoran

Ita Yulianti, Universitas Bina Sarana Informatika

Program Studi Sistem Informasi

References

Choiriah, W. (2019). Analisis Penjualan E-Tiket Menggunakan Algoritma Apriori Pada Cv. Guti Mulia Wisata. ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi, 1(1).

Gunadi, G., & Sensue, D. . (2012). Penerapan Data Mining Market Basket Analysis Terhadap Data Penjualan Produk Buku Dengan Menggunakan Algoritma Apriori dan Frequent Pattern Growth (FP-Growth). Jurnal TELEMATIKA MKOM, 4(1).

Kusrini, & Taufiq, L. E. (2007). ALGORITMA DATA MINING. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.

Kusrini, & Taufiq, L. E. (2010). ALGORITMA DATA MINING. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.

Lukman, & Imam Sunoto. (2017). Komparasi Algoritma Multilayer Perceptron Dan Support Vector Machine Dalam Pemilihan Beasiswa. Jurnal SAP, 2(1), 114–128.

Maimon, & Rokach. (2010). Data Mining and knowledge Discovery Handbook. New York: Springer.

Pane, D. K. (2013). Implementasi Data Mining Pada Penjualan Produk Elektronik dengan Algoritma Apriori (Studi Kasus: Kreditplus). Pelita Informatika Budi Darma, 4(3), 25–29.

Purnia, D. S., & Warnilah, A. I. (2017). Implementasi Data Mining Pada Penjualan Kacamata Menggunakan Algoritma Apriori. Implementasi Data Mining Pada Penjualan Kacamata Menggunakan Algoritma Apriori, 2(2), 31–39.

Syahdan, S. Al, & Sindar, A. (2018). Data Mining Penjualan Produk Dengan Metode Apriori Pada Indomaret Galang Kota. Jurnal Nasional Komputasi Dan Teknologi Informasi (JNKTI), 1(2). https://doi.org/10.32672/jnkti.v1i2.771

Warumu, F. T., Buulolo, E., & Ndururu, E. (2017). Implementasi Algoritma Apriori Pada Analisa Pola Data Penyakit Manusia Yang Disebabkan Oleh Rokok. Komik (Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer), 1(1), 176–182.

Yanto, R., & Khoiriah, R. (2015). Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Obat. Citec Journal, 2(2), 102–113.

Downloads

Published

2019-09-14

How to Cite

Napitupulu, G. T., Oktaviani, A., Sarkawi, D., & Yulianti, I. (2019). PENERAPAN DATA MINING TERHADAP PENJUALAN PIPA PADA CV. GASKINDO SENTOSA MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA APRIORI. Jurnal Riset Informatika, 1(4), 167–172. Retrieved from https://ejournal.kresnamediapublisher.com/index.php/jri/article/view/23

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>