SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PERGURUAN TINGGI SWASTA MENGGUNAKAN TOPSIS

Authors

  • Tati Mardiana Universitas Bina Sarana Informatika
  • Siska Sivia Tanjung Universitas Bina Sarana Informatika
(*) Corresponding Author

Keywords:

pemilihan, pendidikan, perguruan tinggi swasta, TOPSIS, sistem pendukung keputusan

Abstract

Memilih perguruan tinggi yang tepat merupakan langkah penting bagi siswa dalam mempersiapkan karir dan masa depannya. Dengan  pendidikan di perguruan tinggi, siswa meningkatkan kesempatannya untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Tetapi keterbatasan daya tampung perguruan tinggi negeri membuat siswa dan orang tua harus memilih perguruan tinggi swasta yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan. Kesalahan dalam memilih perguruan tinggi menyebabkan siswa mengalami kegagalan dalam menjalankan pendidikan di perguruan tinggi tersebut. Oleh karena itu, siswa dan orang tua perlu  mempertimbangkan beberapa faktor seperti status akreditasi, biaya, jumlah mahasiswa, jumlah dosen, fasilitas, program studi dan lain-lain untuk memilih perguruan tinggi swasta. Kendati demikian, banyak siswa dan orang tua yang mengalami kebingungan dalam memilih perguruan tinggi swasta. Hal ini disebabkan karena banyaknya perguruan tinggi swasta dan  minimnya informasi tentang perguruan tinggi swasta tersebut.  Tujuan penelitian ini adalah membangun sistem pendukung keputusan pemilihan perguruan tinggi swasta yang sesuai keinginan dan kemampuan siswa dan orang tua. Penelitian ini menggunakan logika Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) dengan metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) untuk melakukan perangkingan dari setiap alternatif  perguruan tinggi swasta. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kinerja sistem memenuhi persyaratan fungsional dan kinerja sistem mencapai akurasi sebesar 83,33%. Sistem pendukung keputusan ini membantu siswa dan orang tua membuat keputusan untuk memilih perguruan tinggi swasta yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan mereka secara akurat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik. (2018). Buku Statistik Indonesia 2018. Badan Pusat Statistik Indonesia.

Budilaksono, S., Suwarno, & Herwanto, A. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Perguruan Tinggi Swasta Program Teknik Informatika di Propinsi DKI Jakarta Dengan Metode AHP dan Promethee. In Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2016 STMIK AMIKOM Yogyakarta (Vol. 2, pp. 58–70).

Danang, & Nisar, M. F. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan PTS Jurusan Komputer Menggunakan Metode AHP di Kota Semarang. Simetris, 8(1), 45–52.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, P. (2017). Ikhtisar Data Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2017/2018. Retrieved from http://publikasi.data.kemdikbud.go.id/uploadDir/isi_4B619F17-97F5-4B93-BB0B-7F83B5512B0B_.pdf

Kemeristekdikti, P. (2017). Buku Statistik Pendidikan Tinggi 2017.

Mardiana, T. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mobil Murah Ramah Lingkungan Menggunakan Metode TOPSIS. Jurnal TECHNO Nusa Mandiri, 15(1 Maret), 37–42.

Mardiana, T., Tanjung, S. (2017). Laporan Penelitian Sistem Pendukung Pemilihan Perguruan Tinggi Swasta Menggunakan TOPSIS. Universitas Bina Sarana Informatika.

Surya, C. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Perguruan Tinggi Menggunakan Fuzzy Multi Attribute Decision Making ( FMADM ) dan Simple Additive Weighting ( SAW ). Jaringan Sistem Informasi Robotik, 1(01, Maret), 18–24.

Triono, A., & Aminudin, N. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Perguruan Tinggi Dengan Simple Additive Weighting ( SAW). Konferensi Mahasiswa Sistem Informasi, 5(.1), 51–57.

Walidain, B., & Ardian, Y. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Perguruan Tinggi dan Jurusan Berbasis Web Menggunakan Metode TOPSIS. Jurnal Bimasakti, 1(5), 1-8.

Downloads

Published

2019-03-12

How to Cite

Mardiana, T., & Tanjung, S. S. (2019). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PERGURUAN TINGGI SWASTA MENGGUNAKAN TOPSIS. Jurnal Riset Informatika, 1(2), 81–90. Retrieved from http://ejournal.kresnamediapublisher.com/index.php/jri/article/view/11

Most read articles by the same author(s)